Prosedur Pengamatan
Kerja Sistem Telekomunikasi Menggunakan VoIP
- Transmission Control Protocol (TCP) merupakan protokol
yang menjaga reliabilitas hubungan komunikasi end- to-end. Konsep dasar
cara kerja TCP adalah mengirim dan menerima segmen–segmen informasi
dengan panjang data bervariasi pada suatu datagram internet. Dalam
hubungan VoIP, TCP digunakan pada saat signaling, TCP digunakan untuk
menjamin setup suatu panggilan pada sesi signaling. TCP tidak digunakan
dalam pengiriman data suara karena pada komunikasi data VoIP penanganan
data yang mengalami keterlambatan lebih penting daripada penanganan paket
yang hilang.
- User Datagram Protocol (UDP) merupakan salah satu
protocol utama diatas IP, yang lebih sederhana dibandingkan dengan TCP.
UDP digunakan untuk situasi yang tidak mementingkan mekanisme
reliabilitas. UDP digunakan pada VoIP pada pengiriman audio streaming yang
berlangsung terus menerus dan lebih mementingkan kecepatan pengiriman data
agar tiba di tujuan tanpa memperhatikan adanya paket yang hilang walaupun
mencapai 50% dari jumlah paket yang dikirimkan. Karena UDP mampu mengirimkan
data streaming dengan cepat. Untuk mengurangi jumlah paket yang hilang
saat pengiriman data (karena tidak terdapat mekanisme pengiriman ulang)
maka pada teknologi VoIP pengiriman data banyak dilakukan pada private
network.
- Internet Protocol (IP) Internet Protocol didesain untuk
interkoneksi sistem komunikasi komputer pada jaringan paket switched. Pada
jaringan TCP/IP, sebuah komputer di identifikasi dengan alamat IP.
Tiap-tiap komputer memiliki alamat IP yang unik, masing-masing berbeda
satu sama lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahan pada
transfer data. Terakhir, protokol data akses berhubungan langsung dengan
media fisik. Secara umum protokol ini bertugas untuk menangani
pendeteksian kesalahan pada saat transfer data. Untuk komunikasi datanya,
Internet Protokol mengimplementasikan dua fungsi dasar yaitu addressing
dan fragmentasi. Salah satu hal penting dalam IP dalam pengiriman
informasi adalah metode pengalamatan pengirim dan penerima.